Bersabarlah Covid Pasti Berlalu

bersabarlah covid pasti berlalu

Bersabarlah, covid pasti berlalu. Peringatan HUT RI ke 75 banyak memunculkan asumsi dan definisi tentang kata kemerdekaan. Ada yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah kebebasan untuk melakukan segala sesuatu tanpa tekanan dan kekangan dari pihak manapun. Ada pula yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah kebebasan finansial. Dimana seseorang terbebas dari kemiskinan dan bebas untuk membeli apa yang ia inginkan dan butuhkan.

Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa kemerdekaan adalah kebebasan untuk menuangkan ide dan gagasan tanpa intimidasi dari orang lain. Namun betapa banyak orang yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah menjadi diri sendiri tanpa harus menjadi orang lain.

Baiklah kita lihat versi Emak-emak, yang kini memiliki tugas tambahan yang semula hanya menjalankan rutinitas biasa mengurus rumah tangga, atau aktivitas lainnya, kini mereka beralih profesi menjadi seorang guru untuk anak-anaknya.

Tentunya saat ini, kemerdekaan untuk mereka adalah kembalinya anak-anak ke sekolah. Karena tidak jarang dari para orang tua yang mengeluhkan bahwa mengajar anak dirumah dengan metode daring membuat tekanan tersendiri bahkan ada yang sampai mengaku hampir stres mengajarkan anak-anak di rumah dengan berbagai risiko dan kendala yang dialaminya.

Belum lagi anak-anak, yang sudah merasa jenuh berdiam diri dirumah. Mereka merindukan saat-saat bermain dengan teman-temannya. Sedangkan saat belajar dengan cara meskipun bertemu mereka hanya bertemu dengan sedikit saja teman karena jumlah peserta touring sangat dibatasi. Mereka pun harus belajar patuh pada dan protokol kesehatan yang diberlakukan. Seolah tidak memiliki kebebasan untuk bermain, sesuai dengan usia mereka bermain adalah masaknya. Masker pun harus tetap dikenakan untuk menghindari paparan virus yang mungkin ada pada orang-orang tanpa gejala yang mereka temui pada saat berinteraksi.

Sementara di sekolah, untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka memiliki prosedur yang tidaklah mudah. Beberapa persyaratan harus dipenuhi secara lengkap dan detail demi keamanan peserta didik jika memang terpaksa harus melakukan pembelajaran dengan cara tatap muka.

Dilema memang, satu sisi pihak sekolah ingin selalu memadahi dan memfasilitasi para siswa untuk belajar sesuai dengan keharusan sehingga semua targetan pembelajaran bisa dicapai dengan baik. Namun apa daya, keadaan yang serba mendesak dan menghimpit kita mengharuskan kita untuk tetap patuh pada peraturan dan protokol kesehatan demi untuk memutus mata rantai persebaran covid 19.

Ada beberapa unsulan dan masukan yang diterima oleh pihak sekolah dari para orang tua itu semua dijadikan sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan untuk kebijakan selanjutnya.

Jika orang tua merasa jenuh, maka para guru pun tak kalah jenuh. Mereka harus ekstra menguras otak, memeras pikiran, tenaga dan usahanya untuk menciptakan suatu metode pembelajaran yang tepat pada masa pandemi hari ini. Berbagai usaha dilakukan, demi menemukan metode, media, dan cara yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran kepada para siswa, tetapi tanpa bertatap muka secara langsung.

Maka bersabarlah, semua skenario yang dibuat merupakan pilihan terbaik agar target pencapaian pembelajaran tetap dilakukan tetapi para siswa tetap aman dan terlindungi dari bahaya wabah korona.

Mari sama-sama berdoa dan melakukan segala hal yang terbaik agar wabah ini lekas berlalu. Perut kembali jalinan kerjasama, antara guru dan orang tua atau wali siswa. Jangan lupa untuk terus mengkomunikasikan segala sesuatu yang sekiranya bisa membantu kelancaran semua proses pembelajaran di masa pandemi ini. agar kita lekas kembali melaksanakan proses pembelajaran dengan cara yang wajar. Yaitu belajar di dalam sebuah ruangan kelas, ruangan yang selalu kita rindukan. Sekolah kita bersama, Mutiara Embun Pagi.

Semoga bermanfaat.

Penulis: Diantika IE (Ketua Komunitas Penulis Kreatif Indonesia, Ghost Writer, Pemerhati Pendidikan, Kepala Sekolah Mutiara Embun Pagi)

 

One thought on “Bersabarlah Covid Pasti Berlalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *