Sekolah Mutiara Embun Pagi Gelar Seminar Parenting

sekolah Mutiara Embun Pagi Gelar Parenting

Ibun- Sekolah Mutiara  Embun  Pagi gelar Seminar Parenting di Masa Pandemi yang juga disiarkan secara live di media sosial sekolah. Acara ini merupakan kegiatan rutinan bagian dari program kepala sekolah yaitu parenting bersama dengan orang tua/wali peserta didik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 22 Oktober 2020 bertempat di Jln. Oma Anggawisatrra no. 126, pukul 08:00 s.d 10:00 dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari orang tua/wali peserta didik yang terdiri dari orang tua SD IT dan TK IT dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Kegiatan parenting yang mengusung tema “Mengenal Fitrah Anak” ini diisi oleh Nurdin Qusyaeri, M.Si kaprodi KPI STAIPI Bandung, sekaligus selaku pengurus Yaaysan Mutiara Embun Pagi.

Dalam seminarnya, Nurdin menyampaikan bahwa mengenal karakter anak tidaklah mudah peran orangtua sangatlah berpengaruh  penting terhadap perkembangan anak. Karena anak adalah anugrah terindah yang allah titipkan kepada setiap orangtua. Dunia pendidikan atau sekolah bukalah lingkungan yang sungguh-sungguh mampu mengenal dan mencintai dengan tulus dan ikhlas.  Anak memiliki Fitrah (potensi baik) yang dia bawa sejak lahir.

Nurdin menjelaskan bahwa fitrah anak yang dianugrahkan allah SWT terdiri dari:

  1. Fitrah Keimanan
  2. Fitrah Bakal Kepemimpinan
  3. Fitrah Belajar dan Bernnalar
  4. Fitrah Perkembangan
  5. Fitrah Seksualitas dan Cinta
  6. Fitrah Individualitas dan Sosialitas
  7. Fitrah Estetika dan Bahasa
  8. Fitrah Fisik Indra/Jasmani

Dari pemaparannya, Nurdin menggarisbawahi bahwa betapa pentingnya orang tua memperhatikan tentang apa itu Fitrah anak, dan kadang tidak sedikit orangtua tidak menyadari semua hal itu. Anak dititipkan allah kepada setiap orangtua untuk dijaga dengan baik dan amanah.

“Mari kita kembalikan fitrah kesejatian peran orangtua, kesejatian fungsi rumah, kesejatian pendidikan, kesejatian anak-anak kita. Jangan sekali-kali mengubah fitrah kesejatian itu semua karena itulah sesungguhnya penyebab berbagai krisis dan kerusakan di muka bumi,” pungkas Nurdin.

Diantika IE, M.Pd., selaku kepala Sekolah Mutiara Embun Pagi berharap jika kegiatan ini dapat membekali para orang tua/wali peserta didik dalam mendidik anak di rumah, dalam rangka menyamakan pemahaman terutama yang berhubungan dengan visi dan misi pendidikan di sekolah. Acara ini juga menjadi wadah silaturahmi antar orang tua dengan orangt ua lainnya, dan antara orang tua dengan semua pihak yang ada di lingkungan yayasan Mutiara Embun Pagi.

Kontributor: Gusep Hilman

Editor: Diantie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *