Masjid Qudwah Laksanakan Seleksi Imam dan Muadzin Gelombang Satu

Solokan Jeruk- Masjid Qudwah laksanakan seleksi imam dan muadzin Kamis 19 November 2020 siang tadi.

Masjid yang berada di bawah naungan yayasan Mutiara Embun Pagi ini melakukan proses seleksi imam dan muadzin yang berlangsung dari pukul 10:00 s.d. 12:00.

Informasi penyaringan calon imam dan muadzin ini disebar beberapa hari lalu di media sosial Masjid Qudwah, tetapi sudah banyak peserta yang mengirimkan draf lamaran melalui surel yayasan.

Masjid yang beralamat di Jln. Anyar Majalaya Desa Rancakasumba Kecamatan Solokan Jeruk ini merupakan masjid yang baru akan dibuka dan diresmikan bulan depan. Untuk memanfaatkan waktu yang ada, para pengurus yayasan terus berusaha melakukan yang terbaik demi agar ketika peresmian nanti segala sesuatunya sudah siap. Karena itu, dilakukanlah pemanggilan peserta pengirim lamaran secara bertahap sampai akhirnya ditemukan sosok yang pas dan dianggap layak untuk posisi tersebut.

Sejumlah peserta mengikuti tes wawancara secara offline setelah sebelumnya diminta contoh suara secara online oleh tim penguji.
Siang tadi pihak DKM telah mengantongi nilai peserta. Namun panitia seleksi akan menjadwalkan tes berikutnya bagi peserta yang belum menerima pemanggilan.

Adapun kriteria penyeleksian imam dan muadzin adlah fasih membaca Alquran, menguasai hafalan minimal 3 (tiga) juz, serta menguasai minimal 3 irama.

Ketua DKM Masjid Qudwah, Nurdiin Qusyaeri, M.Si. berharap peserta yang nanti dinyatakan lulus adalah peserta terbaik yang memiliki nilai kemampuan tertinggi dari semua peserta. Namun selain itu, sikap dan semangat untuk turut berusaha memakmurkan masjid dengan penuh kesungguhan lebih utama.
“Saya berharap yang nanti menjadi imam dan muadzin di sini (Masjid Qudwah-red) adalah seseorang yang visioner, memiliki semangat dan berjiwa muda, serta mau bertanggung jawab membantu memakmurkan masjid dengan sepenuh hati,” ujar Nurdin.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Yayasan, Iim Ibrohim, M.Ag., Imam dan Muadzin yang kelak akan bertugas di Qudwah bukan hanya bersuara indah. Namun harus memiliki tanggungjawab yang besar pada apa yang telah diamanahkan kepadanya.

Proses seleksi selanjutnya akan diinformasikan kepada para peserta pengirim lamaran. Sementara itu, penyaringan calon imam dan muadzin tetap tetap dibuka hingga pihak DKM menyatakan bahwa seleksi ditutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *