5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Sekolah Untuk Anak

Oleh Diantika IE (Penulis /Kepala Sekolah Mutiara Embun Pagi)

Memilih sekolah untuk anak sama dengan mencari partner dalam mendidik anak. Buah hati yang selama ini dijaga dengan penuh kasih sayang oleh kita sebagai orangtuanya sejak di dalam kandungan, selayaknya mendapatkan pendidikan terbaik sampai ia menjadi manusia yang sesuai harapan kelak.

Ketika usianya sudah memasuki usia sekolah, perasaan was-was pasti menghinggapi hart semua orangtua. Ada kekhawatiran yang luar biasa lantas bertanya-tanya,  siapakah partner yang akan dipilih untuk menjaga dan mendiidk anak-anak saat mereka pergi sekolah dan tidak bersama kita.

Bagaimanakah cara gurunya mengajari mereka, lingkungan seperti apa yang akan menjadi lingkungan tempat anak-anak kita bertumbuh?

Memilih Sekolah untuk Anak
Kegiatan Olahraga Sekolah Mutiara Embun Pagi

Memilih sekolah bukanlah hal yang mudah. Ketelitian dan pertimbangan matang sangat dibutuhkan di sini. Agar Ayah/Bunda tidak keliru dalam memilihkan sekolah terbaik bagi anak-anak,  Lima hal berikut ini akan sangat membantu Ayah/Bunda dalam menyeleksi lembaga-lembaga terbaik untuk dijadikan tempat bersekolah putra/i tercinta.

1, Visi Misi Sekolah

Sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki visi misi yang jelas dan terukur. Tidak terlalu muluk-muluk dan mengada-ada. Ayah/Bunda bisa mengetahui visi dan misi sekolah dengan bertanya langsung kepada pihak sekolah, atau mencari informasi di website resmi lembaga tersebut. Dengan begitu Ayah/Bunda akan tahu, apakah visi dan misi sekolah sejalan dengan cita-cita para orangtua dalam mendidik anak-anak.

2. Pembinaan Guru

Sekolah yang baik adalah sekolah yang senantiasa memperbarui keterampilah dan kualitas gurunya. Karena zaman terus berputar, anak-anak perlu dididik oleh guru yang kompeten dan menguasai didaktik metodik pengajaran sesuai zaman. Guru-guru harus selalu mengupgrade keterampilan, keahlian, bahkan memperbaiki prilakunya agar pantas dijadikan teladan bagi anak-anak.

 

Memilih Sekolah Untuk Anak
Pembinaan Guru dilakukan rutin setiap bulan oleh Pengurus Yayasan Mutiara Embun Pagi

Ayah/Bunda bisa bertanya ke sekolah seberapa sering pembinaan guru dilaksanakan di sekolah tersebut. Jika gurunya terbina dan terdidik tentunya kita menitipkan anak menjadi lebih tenang bukan?

3. Kualitas Lulusan

Poin ini tentunya menjadi tolok ukur utama. Ketika sebuah sekolah memiliki alumni yang kompeten dalam bidang tertentu, dapat langsung diambil kesimpulan bahwa sekolah tersebut memang fokus membentuk lulusan yang berkualitas. Namun, jangan salah, kompetensi lulusan tidak hanya diulkur saat siswa sudah menjadi alumni. Sikap dan keterampilan anak-anak pun bisa diukur sedari dini, saat seorang anak masih sekolah di lembaga yang bersangkutan.

Ayah/Bunda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan mewawancarai orangtua yang sudah menyekolahkan anak-anaknya sebagai bahan testimoni yang lebih akurat.

4. Program pembelajaran

Program pembelajaran adalah kendaraan dan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Cari tahu program unggulan yang ada di sekolah-sekolah bidikan, untuk dijadikan bahan pertimbangan. Sekolah yang memiliki program unggulan yang dilaksanakan secara rutin, tentu akan sangat membantu pembentukan karakter dan keterampilan putra/i Anda.

memilih sekolah untuk anak
Kegiatan belajar melalui eksperimen dilakukan di Sekolah Mutiara Embun Pagi

Misalkan saja. Anda ingin anak-anak menjadi saleh dan salihah, Anda bisa mencari sekolah yang memiliki program unggulan di bidang keagamaan dan penanaman karakter islamiyah.

5. Fasilitas sarana dan prasarana

Untuk sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan dan ramah anak, tentunya diperlukan sarana dan fasilitas yang memadai. Media pembelajaran dan alat peraga yang nyata, akan sangat membantu anak-anak belajar secara kontekstual.

Untuk mengetehui hal tersebut, Ayah/Bunda bisa datang langsung melihat proses pembelajaran di sekolah atau mencari informasi dari berbagai sumber.

Demikian pemaparan tips yang mungkin bisa digunakan untuk memilih sekolah untuk anak. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.