Thursday, April 18, 2024
ARTIKEL

PENTINGNYA SARANA PENDIDIKAN

PENTINGNYA SARANA PENDIDIKAN
Oleh Iim Ibrohim

Memperoleh Lembaga Pendidikan dengan sarana dan prsarana lengkap ialah harapan semua civitas pendidikan. Orangtua, siswa, para guru, kepala sekolah, dan semua pihak yang terlibat di dalamnya, akan sangat mendambakan. Betapa tidak, keberadaan sarana cukup menunjang kelancaran proses pembelajaran. Tak jarang para pengelola suatu Pendidikan, berjibaku hingga berani mengajukan dana pinjaman pada pihak ketiga demi untuk memperbaiki / melengkapi sarana pembelajarannya.
Allah SWT menetapkan dalam firman-Nya, “Allah menjadikan bagimu rumah sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagimu dari kulit binatang ternak (sebagai) rumah (kemah) yang kamu merasa ringan (membawa)-nya pada waktu kamu bepergian dan bermukim”. (Dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta, dan bulu kambing peralatan rumah tangga serta kesenangan sampai waktu (tertentu) (A Nahl; 80). Kemudian Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga” (HR. Muslim). Tinjauan teologis tersebut menunjukkan bahwa kelengkapan sarana ialah sebuah fitrah kehidupan yang perlu diperjuangkan. Dengan kelengkapan sarana dan prasarana, akan mengarahkan pada kebaikan para penguninya yang dalam hal ini ialah civitas pendidikan.
Ahmad Tafsir, salah seorang fakar di bidang Pendidikan Islam mengatakan, salah satu indicator penyelenggaraan Pendidikan yang baik ialah Lembaga yang memiliki sarana ideal. Orangtua siswa yang hendak mencari Lembaga Pendidikan buat anaknya, akan dengan mudah mencarikan. Cukup dilihat sarana pembelajaran yang dimiliki, atau dari pembiayaan yang ditetapkan. Pernyataan tersebut tentu tidak terbantahkan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa keberadaan sarana dan prasana pembelajaran sangat berpengaruh pada proses dan hasil pembelajaran. Sebagai contoh, dalam Jurnal penelitiannya (2020), Acep Mulyadi menyimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dapat meningkatkan mutu pendidikan serta dapat membekali peserta didik berprestasi baik menyangkut akademik mupun non akademik. TA Muslimin (2020) mengatakan, keberadaan sarana pembelajaran memiliki pengaruh signifikan (hingga 36,4%) terhadap mutu Pendidikan.
Selamat dan Sukses untuk Lembaga Pendidikan Mutiara Embun Pagi yang tak pernah berhenti meningkatkan kualitas Pendidikan. Selamat pula, hingga saat ini berupaya untuk terus mengelola sarana dan prasarana Pendidikan. Semoga dapat terus memberikan layanan maksimal dalam berbagai standar Pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *