Thursday, February 22, 2024
ARTIKELMEPIES

Kamping Ceria MEPIES Ajang Pembentukan Karakter Peserta Didik

kamping ceria

Kamping Ceria kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MEPIES (Mutiara Embun Pagi Islamic Elementary School) sebuah Sekolah Dasar Islam Terpadu yang berada di bawah naungan Yayasan Mutiara Embun Pagi. Kali ini mengusung kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu).

Menurut Gusep Hilman SH (Pembina Pramuka MEPIES) kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan generasi yang tergolong dalam kelompaok Pramuka Penggalang agar lebis siap mental dan terampil menjadi Pramuka Penggalang dan memiliki karakter sesuai dengan isi Dasa Dharma.

Sejalan dengan itu, Kepala MEPIES pun menegaskan bahwa kemping dan kegiatan pramuka itu sendiri merupakan ajang pelatihan, gemblengan dan pembentukan karakter siswa MEPIES karena nyatanya apa yang dilatihkan dalam kegiatan Pramuka sangat sejalan dengan tujuan pendidikan Nasional yaitu memanusiakan manusia dan tujuan merdeka belajar yaitu terbentuknya profil pelajar pancasila.

Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 45 peserta Pramuka Penggalang yang terdiri dari peserta putra dan putri dari tiga tingkatan kelas dengan dipandu oleh para pelatih Andal yang didatangkan dari Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Serangkaian kegiatan Perjusa dilaksanakan sejak pukul 13:00 pada hari Jumat dan berakhir pukul 10:00 pada Sabtu pagi. Diisi dengan kegiatan kepramukaan, masak rimba, keagamaan, api unggun, caraka, renungan, olahraga dan games, membuat kegiatan berjalan dengan penuh makna.

Peserta diajarkan keberanian, kemandirian, kerja sama dan dinamika kelompok, pembinaan keagamaan, problem solving dan kegiatan lain yang sengaja dirancang dan disusun untuk mendongkrak karakter positif peserta. .

Muhammad Dwi Dzaki salah satu siswa yang menjadi peserta Kamping Ceria MEPIESĀ  mengaku bahwa kegiatan Kamping Ceria sangat seru membuatnya tidak bisa melupakan kenangan.

“Kamping nya seru banget, apa lagi pas game air dan api unggun gak akan bisa lupa, pokoknya seru!,” kata anggota penggalang regu Harimau tersebut.

Ingin anaknya bisa ikut kegiatan Kamping Ceria agar karakternya lebih terasah yang tahun ke tahun semakin seru? Ayo segera daftarkan putra/pitrinya ke MEPIES untuk tahun ajaran 2024/2025 yang akan mulai dibuka per 1 November 2023 nanti ya. Jangan sampai ketinggalan karena kuotanya terbatas, Bunda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *