Saturday, May 18, 2024
ARTIKELTK IT MEP

Puncak Tema Rutin Diselenggarakan di TK IT MEP Apa Sih Manfaatnya?

puncak tema

Baru-baru ini TK IT MEP menyelenggarakan kegiatan Puncak Tema sebagai kegiatan rutinan. Mengusung Tema Baiti Jannati kali ini TK IT Mutiara Embun Pagi mengisinya dengan kegiatan lomba lreasi anak dan orangtua dengan berbahan barang bekas.

Beragam karya kreatif ternyata muncul begitu apik dari mulai barang dekoratif, berang guna pakai, barang yang bisa digunakan untuk alat peraga edukasi (APE) maupun yang berbentuk mainanan dibuat dengan tangan-tangan kreatif ibu dan anak.

Puncak Tema TK IT MEP
Abbas dan Bunda membuat Pesawat dari bahan barang bekas

Tentu saja semua itu menandakan bahwa setiap orangtua dan anak memiliki kreativitas yang tinggi. Menariknya, ini betul-betul memerlukan kerja sama antara ibu dan anak karena kriteria penilaian lomba paling utama adalah poin kerja sama.

Sebagai salah satu juri lomba pada kegiatan tersebut, Hj. Eneng Tien Suhartini, S.Pd., M.M. sekaligus sebagai pengawas TK Kecamatan Ibun menyampaikan rasa bangga dalam pidatonya bahwa memang Puncak Teman ini sangat baik dilakukan di tingkat satuan Pendidikan Anak Usia Dini, terlebih karena begitu banyak manfaatnya dari aktivitas tersebut.

Puncak Tema TK IT MEP
Pengawas TK Kecamatan IBUN (Eneng Tien Suhartini, S.Pd. M.M) memberikan wejangan kepada para orangtua peserta lomba Puncak Tema TK IT MEP

Lalu mengapa puncak tema ini penting dilakukan?

Kegiatan puncak tema sangat penting dilakukan agar apa yang telah diterima dan dipelajari oleh anak tidak berlalu begitu saja. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang berlangsung hanya beberapa jam dalam beberapa pekan memang disampaikan dengan baik oleh guru. Namun, pada akhirnya anak-anak tetap memerlukan penguatan. Karena itu, kegiatan puncak tema sendiri bertujuan untuk:

  1. Memberikan kebermaknaan pembahasan tema yang sifatnya menggembirakan. Setelah mempelajari teorii sederhana pada tema yang disampaikan, maka anak-anak diberikan pengalaman yang lebih mendalam dengan cara mempraktikannya sendiri dengan tangan sendiri agar ia merasakan dan mendapatkan pengalaman yang lebih bermakna.
  2. Berguna sebagai penguatan sikap. Dalam pembelajaran anak usia dini pendidikan karakter adalah pendidikan yang paling utama. Apapun temanya, maka penanaman sikap adalah hal yang paling utama. Dalam puncak tema, sikap-sikap dan karakter itulah yang dikuatkan.

    puncak tema
    Albioni dan Bunda presentasi hasil karya mainan edukatif
  3. Penguatan pengetahuan. Ibarat sebuah pengulangan pelajaran yang telah dilakukan di dalam kelas, puncak tema berfungsi untuk mengingat kembali, me-recalling pengetahuan dan penguatkannya karena langsung diaplikasikan dalam kejadian langsung.
  4. Memberikan keterampilan lebih sebagai aplikasi dari apa yang sudah dipelajari selama di kelas

Nah, selain empat manfaat di atas, tentunya masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dari puncak tema tergantung dengan tema apa yang dipelajari oleh anak-anak selama proses pembelajaran.

Ingin anaknya mengalami dan mengikuti kegiatan puncak tema yang lebih seru?

Segera daftarkan putra/putrinya ke TK IT Mutiara Embun Pagi yang insyaallah akan mulai dibuka pendaftarannya per 1 November 2023 mendatang. Tunggu apa lagi? Pantengin terus website ini agar tidak ketinggalan imformasi pendaftarannya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *